Minggu, 24 Oktober 2010

Industri Musik Punk Indonesia Bagian 2

Sebagai salah satu orang yang menyukai musik Punk, saya mempunyai harapan bahwa band-band punk di Indonesia bisa berkembang seperti band-band yang non-punk lainnya. Bagaimanapun juga, musik Punk adalah bagian dari sebuah kesenian dan kesenian tidak memandang sebuah perbedaan.
Saya mengakui bahwa banyak cap negatif dari masyarakat mengenai band punk dan musik punk. Itu disebabkan karena budaya punk yang kurang bisa diterima di masyarakat tetapi karyanya dalam bentuk musik harus kita hargai.
Superman Is Dead dan Netral sebagai dua dari band yang ber-genre Punk tidak banyak orang yang memberikan apresiasi terhadap karyanya tetapi coba kita lihat beberapa band yang bukan ber-genre Punk Rock, apresiasi masyarakat terhadap band non-punk rock ini sangat bagus. Terdengar cukup diskriminatif dan begitulah keadaan musik punk di Indonesia. Seharusnya pihak label bisa menampung hasil karya mereka tapi terkadang pihak label tidak ingin mengambil sebuah resiko terhadap kerugian yang akan diterimanya.
Rancid sebagai salah satu band punk jalanan, bisa mempunyai nama besar di dunia musik punk. Itu disebabkan karena apresiasi masyarakat terhadap karya band punk ini cukup bagus dan pihak label rekaman berani mengambil resiko untuk mendatangani kontrak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar